Perkumpulan Pendidikan Islam Anak Usia Dini | Effective, Efficient, and Quality of Life | Asosiasi Keilmuan Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Beranda Post Detail

Lakukan Pendampingan; PPIAUD Indonesia Dorong Akreditasi Prodi Unggul Melalui Peran Mahasiswa

Diposting: 06-01-2023 07:41:54
Kategori: Kegiatan
Tags: Penting, Terbaru,

Image

Minggu, 27 Oktober 2022 di Kampus IAI Tribakti Kediri Jawa Timur dilaksanakan kegiatan kuliah umum oleh beberapa Prodi. PIAUD di Surabaya dan sekitarnya bekerjasama dengan PPIAUD Indonesia dan Ikatan Mahasiswa PIAUD seluruh Indonesia Wilayah IV. Kegiatan ini menghadirkan Dr. Nur Hamzah, M.Pd selaku ketua umum PPIAUD. Mewakili penyelenggara Novida Aprilina Nisa Fitri, M.Pd selaku Ketua Prodi. PIAUD IAI Tribakti menyampaikan bahwa kegiatan akreditasi bukan semata tanggung jawab dan pekerjaan yang dilakukan oleh Prodi, melainkan stake holder terkait seperti pimpinan perguruan tinggi, dosen, alumni dan termasuk mahasiswa. Hari ini kita menghadirkan ketua umum PPIAUD untuk berbicara didepan mahasiswa tujuannya agar mahasiswa membangun kesadaran dalam diri bahwa ia juga harus ambil bagian dan berusaha secara maksimal sesuai perannya agar Prodi terkareditasi unggul. “Tidak ada penyelenggara PT dan termasuk mahasiswa yang tidak mau Prodinya Unggul, oleh sebab itu kita harus saling bahu membahu”, demikian ibu Novida dalam sambutannya. Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa PIAUD beberapa kampus seperti IAI al Qolam Jember, UIN Jember, INSTIKA Guluk-Guluk Sumenep, YPBWI Surabaya, UNU Blitar, pengurus IKMAPISI Wilayah IV dan termasuk dari tuan. Dr. Nur Hamzah, M.Pd dalam kuliah umumnya menegaskan bahwa akreditas penting sebab menyangkut komitmen dan budaya mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi yang harus dipedomani. PT harus memberikan jaminan bahwa seluruh proses dapat dipertanggungjawabkan memenuhi standar minimal sebagaimana dalam indokator dalam borang. Dengan demikian lulusan juga diharapkan berkualitas memenuhi ekspektasi stake holder eksternal. Lebih lanjut Dosen IAIN Pontianak menyampaikan bahwa harus ada sinergitas yang dibangun antara Prodi dengan mahasiswa. Sebagaimana Per BAN-PT Nomor 10 Tahun 2021 tentang Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS)  pada Program Sarjana Lingkup Kependidikan dan PerBAN-PT Nomor 2 Tahun 2022 tentang Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) pada Lingkup Kependidikan, banyak sekali aspek penialaian yang terkait dengan unsur kemahasiswaan. Beberapa diantaranya Mahasiswa harus memahami  memahami Visi Keilmuan PS, mahasiswa harus memiliki prestasi akademik atau non akademik baik tingkat local, regional, nasional dan lebih bagus lagi level international. Kemudian mahasiswa harus selesai tepat waktu antara 3,5 tahun sampai 5 tahun dengan IPK yang tinggi diatas 3. Mahasiswa juga dituntut memiliki tulisan yang dipublikasi juga disitasi baik di jurnal atau proseding. Dosen yang melakukan penelitian dan pengabdian juga wajib berkolaborasi dengan mahasiswa, oleh sebab itu mahasiswa wajib membantu dosen jika diajak riset atau PKM.

 

Mutohharotu Husna mahasiswa Prodi PIAUD UNU GIRI Bojonegoro sebagai moderator menyampaikan bahwa juga baru mengertai dan memahami sesungguhnya banyak peran yang bisa dilakukan oleh mahasiswa supaya Prodi nya bisa unggul. Oleh sebab itu ia sekaligus mengajak atas nama ketua DWP IV IKMAPISI kepada seluruh mahasiswa untuk bersinergi dengan Prodi dalam banyak kegiatan dan program dengan kampus dimana mereka kuliah.